Wednesday, December 24, 2014

Desain Kemasan produk makanan yang baik, menarik dan unik

Persaingan di dunia bisnis terutama kuliner atau produk makanan saat ini ketat sekali, orang melihat sebuah produk makanan bukan hanya dari rasa, tapi juga dari sisi kemasan sebuah produk. Perhatikan saja jika kita belanja ke supermarket atau ke pasar tradisional itu tidak lepas dari sebuah kemasan makanan. Untuk itu dalam sebuah persaingan memerlukan kreativitas  yang menjadi kunci terdepan untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis. Salah satunya mendesain kemasan yang baik, menarik dan unik, menjadi peranan yang penting bagi produk yang dikemasnya. Selain rasa yang enak, desain kemasan pada sebuah produk makanan yang menarik dan unik juga sangat mempengaruhi efek dari penjualan.

Perlu kita ingat bahwa kemasan makanan berfungsi untuk melindungi makanan yang dikemas dari zat kontaminasi yang bisa menurunkan kualitas makanan. Selain itu, kemasan produk juga bisa bermanfaat sebagai daya tarik konsumen. Seiring dengan berkembangnya berbagai bahan untuk membuat kemasan produk makanan, sekarang ini keamanan kemasan produk mulai diperhatikan oleh konsumen, terlebih lagi sekarang ini gaya hidup sehat telah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat tidak hanya memilih bahan baku yang digunakan untuk membuat menu makanan, namun, kemasan produk sehat dan aman jadi pilihan konsumen.

Untuk itu, agar kemasan produk khususnya makanan dapat berfungsi dengan baik, maka bahan membuat kemasan produk makanan seharusnya memenuhi kriteria salah satunya : tidak beracun, kedap udara, tidak merusak lingkungan, mencegah kebocoran produk. Desain tersebut lebih mementingkan value yang dapat dikomunikasikan secara tepat kepada konsumen. Efek dari desain kemasan yang menarik ini mampu menaikan kepuasan pelanggan dan diharapkan mampu menaikan penjualan produk. Bicara tentang desain, itu tidak lepas dengan bentuk, dimensi, warna, corak layout, dan aneka elemen yang mewakili didalamnya.

Berikut beberapa desain produk makanan yang unik :

1. Desain Kemasan kue cake












2. Desain Kemasan Roti













3. Desain Kemasan Makanan nuget dan pottato















4. Desain kemasan Kue












5. Desain Kemasan minuman dan kue kering


















Dengan kepedulian dari produsen dan pelaku bisnis kuliner dalam menyediakan dan menggunakan kemasan produk yang sehat dan aman diharapkan bisa menjadi sebuah peningkatan yang baik dalam dunia bisnis kuliner di tanah air. Pelaku bisnis juga harus selalu mengutamakan kesehatan. Jadi dalam menjalankan sebuah bisnis kuliner, pelaku bisnis tidak hanya mementingkan keuntungan dan kualitas produk semata, akan tetapi sisi kesehatan juga perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan salam sukses!!!!

0 comments:

Post a Comment